Bernuansa Kearifan Lokal dan Libatkan Pemilih Pemula, Peluncuran Pilkada Minahasa Utara 2024 Sukses dan Meriah

Bernuansa Kearifan Lokal dan Libatkan Pemilih Pemula, Peluncuran Pilkada Minahasa Utara 2024 Sukses dan Meriah

Peluncuran Pilkada Minut 2024 spekakuler. Para peserta lomba saat menerima hadiah yang diserahkan Forkopimda Minut, Senin (10/6).(foto istimewa)


KORANMANADO.CO.ID- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) resmi meluncurkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minut 2024 di lapangan Airmadidi Atas, Kecamatan Airmadidi, Minggu (9/06/2024).

Peluncuran itu dihadiri Bupati Minut Joune Ganda, Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi, Komisioner Bawaslu Sulut Donny Rumagit, Kapolres Minut AKBP Dandung Putut Wibowo, Kajari Minut Edmond N. Purba, Dandim Bitung-Minut Letkol Czi Hanif Tupen.

Kegiatan yang berlangsung dua hari dari tanggal 9 sampai 10 Juni itu berlangsung sukses dan meriah dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Sejumlah agenda serta lomba itu dipusatkan di lapangan Airmadidi Atas.

Hari pertama peluncuruan Pilkada 2024 diisi berbagai kegiatan mulai dari line dance, fun rune 5 KM hingga media gathering yang diikuti puluhan jurnalis. KPU Minahasa Utara juga resmi mekuncurkan Maskot bernama Mili (Minut Memilih) dan Jingle Pilkada Minahasa Utara 2024.

Mili ini bergambar seorang laki-laki Minahasa Utara yang mengenakan pakaian adat Minahasa, di atas kepala Mili terdapat ragam tumbuhan hasil pertanian. Ini menggambarkan Kabupaten Minahasa Utara daerah yang subur dan kaya akan sumber daya alam pertanian.

Di tangan kanan, Mili memegang surat suara dan di tangan kiri ada alat untuk mencoblos yang biasa digunakan dalam bilik suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Di hari kedua puncak kegiatan peluncuran, KPU Minahasa Utara menyuguhkan berbagai acara menarik. Mulai dari penampilan atraksi budaya Minahasa, musik tradisional kolintang khas Minahasa yang mendunia. Kemudian lomba mobile legends diikuti pemilih pemula dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Bupati Minut Joune Ganda memberi apresiasi kepada KPU yang menggelar kegiatan tersebut. Menurutnya, peluncuran Pilkada 2024 sangat menarik. Apalagi sampai mengangkat kearifan lokal budaya Minahasa dan melibatkan pemilih pemula. Kata dia, berbeda pilihan itu biasa, yang penting pertahankan persatuan dan kesatuan bangsa di atas segala-galanya.

"Kami mengajak masyarakat menyambut proses demokrasi Bupati dan Wakil Bupati, Gubernur dan Wakil Gubernur dengan riang gembira dan penuh semangat. Mari kita sukseskan hajatan pesta rakyat Pilkada serentak 2024 27 November mendatang,” ajak Bupati saat menyampaikan sambutan dalam peluncuran Pilkada Kabupaten Minut 2024.

Ketua KPU Minahasa Utara Hendra Lumanauw didampingi Komisioner KPU lainnya seperti Ibnu Dali, Risky Pogaga dan Ireine Buyung mengatakan, peluncuran Pilkada merupakan rangkaian tahapan yang tertuang di dalam peraturan KPU, dimana setiap jajaran KPU baik dari tingkat pusat hingga Kabupaten Kota harus melaksanakan kegiatan tersebut.

Kata Lumanauw, tujuannya untuk sosialisasi atau menyampaikan kepada masyarakat secara luas bahwa pada 27 November 2024 mendatang akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah.

"Acara peluncuran ini dikemas dan dibuat semeriah mungkin agar masyarakat bisa lebih dekat dan mengetahui tentang seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak.

Kita juga hadirkan atraksi budaya, lomba game kekinian diikuti pemilih pemula, talk show diikuti OKP hingga konser pesta rakyat dengan menghadirkan artis nasional," ujarnya.

Kata Hendra, KPU Minut berharap capaian pemilih pada Pilkada tahun ini melebihi dari Pemilihan Umum (Pemilu) bulan Februari lalu. Untuk itu dia bersama Komisioner KPU lainnya mengajak masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk mensukseskan pesta demokrasi di Kabupaten Minahasa Utara 2024.

"Kami berharap pada Pilkada 2024 ini capaian partisipasi masyarakat lebih tinggi dibanding Pemilu baru-baru ini, dimana tembus diangka 82 persen lebih," pungkasnya.(**)

0 Komentar

Add Comment