Pekan Seni Mahasiswa Daerah di Unsrat Manado Resmi Dibuka

Pekan Seni Mahasiswa Daerah di Unsrat Manado Resmi Dibuka


KORANMANADO.CO.ID- Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut), Drs Steven O.E Kandouw membuka kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Daerah di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Selasa (21/5/2024).

"Saya mulai dari trilogi Cita, Rasa dan Karsa. Cita ini berhubungan dengan kemampuan otak untuk berimajinasi, untuk membayangkan sesuatu diluar bentuk fisik," ujarnya Wagub Kandouw.

Kemudian kata dia, Rasa. Rasa adalah kemampuan hati untuk menampung hal-hal yang menurut hati ini menyejukan, baik, bagus indah.

"Terakhir Karsa. Karsa itu kemampuan untuk melakukukan sesuatu. Jadi Cita, Rasa dan karsa ini muaranyanya ke Peradaban,” terang Wagub Kandouw.

Ia juga mengatakan, seni merupakan penopang kebudayaan daerah bahkan dunia. Seni membuka peradaban sehingga manusia bisa saling mengenal dan bersosialisasi.

"Kita bisa mengenal suatu negara lewat seni. Semakin tinggi seninnya, semakin tinggi juga budayanya," ucap Wagub Kandouw saat

Wagub Kandouw juga mengingatkan kepada para mahasiswa agar tidak menyalagunakan kesenian. Ia berharap, melalui kegiatan seni akan membuat Sulut lebih di kenal dunia.

"Apalagi Pemerintah Provinsi sedang mengembangkan "health tourism". Berharap nanti melalui seni dan budaya, Sulut bisa menjadi pusat kebudayan nasional. Kegiatan pekan seni mahasiswa daerah saya minta terus digalakan," tandasnya.

Sebelum itu, dalam laporan Ketua Panitia Dr. Ivan R.B. Kaunang, M.Hum, tema Peksimida 2024 adalah Merdeka Berprestasi Talenta Seni Menginspirasi. Ia juga menyampaikan Peksimida sebagai ajang untuk mengukur sejauh mana perkembangan kebudayaan di daerah Sulut.

“Peksimida memiliki Tingkat peradaban yang tinggi untuk mengukur seejauh mana perkembangan kebudayaan di daerah sulut dan inilah ajangnya untuk bisa menyaksikan sejauh mana tingkat perkembangan perbudayaan di sulut,” ungkap dosen ilmu sejarah fakultas ilmu budaya Unsrat itu.

Kegiatan di aula serbaguna Unsrat dihadiri Rektor Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng IPU ASEAN Eng, para Wakil Rektor, Guru Besar, staf pengajar, civitas akademika, serta seluruh mahasiswa dan peserta lomba.(onal/**)

Tags

    Tidak ada tag untuk berita ini

0 Komentar

Add Comment