Polda Sulut Pamer Barang Bukti Hasil Sitaan dari Tangan Timses JL Oknum Caleg di Manado

Polda Sulut Pamer Barang Bukti Hasil Sitaan dari Tangan Timses JL Oknum Caleg di Manado

Barang bukti hasil sitaan Satgar Money Politik Polda Sulut.(foto istimewa)


KORANMANADO.CO.ID- Pasca pengungkapan pada tanggal 13 Februari 2024 lalu, kasus dugaan money politik yang melibatkan oknum Calon Legislatif (Caleg) PDI Perjuangan Dapil Kota Manado, Sulawesi Utara berinisial JL alias Laluyan terus bergulir di Polda Sulawesi Utara (Sulut).

Terbaru, Polda Sulut menggelar konferensi pers sambil memperlihatkan sejumlah barang bukti yang berhasil disita oleh Tim Satgas Money Politik Polda Sulut dari tangan tim sukses JL yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Dari tangan mereka, petugas mengamankan uang tunai Rp125.900.000, handphone, amplop, buku kwitansi, rekapan jumlah daftar pemilih, serta stiker bertuliskan nama Jeane Laluyan caleg DPRD Sulut Dapil Manado nomor urut 5.

Pengungkapan kasus ini bermula saat Satgas Money Politik Polda Sulut meringkus tersangka FA dan JW. Mereka kedapatan membagikan uang dan mengarahkan masyarakat untuk mencoblos JL di hari pemilihan tanggal 14 Februari.

Dalam kasus ini, penyidik Polda Sulut telah menetapkan JL alias Laluyan sebagai tersangka. Sementara 5 orang ainnya masing-masing FA, HP, JW, SH, RM) sudah terlebih dulu ditetapkan sebagai tersangka.

Bahkan Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Michael Irwan Thamsil menyampaikan, berkas kelima tersangka itu sudah P21 (lengkap). Bahkan, secepat mungkin berkas tersebut dilimpahkan ke Kejaksaan.

"Dan hari ini akan kita tahap dua (menyerahkan berkas perkara, tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan),"ujar Kabid dalam keterangan persnya, Selasa (27/02/2024).

"Para tersangka dijerat dengan Pasal 523 ayat (2) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Ancaman pidana penjara paling lama empat tahun dan denda paling banyak Rp 48 juta,"tambah Kabid didampingi Direktur Ditreskrimum Kombes Pol Gani Fernando Siahaan.(jenglen)

0 Komentar

Add Comment