Lakukan Pelanggaran di Masa Tenang Bakal Dipenjara dan Denda Puluhan Juta

Lakukan Pelanggaran di Masa Tenang Bakal Dipenjara dan Denda Puluhan Juta

Aldrin Christian


KORANMANADO.CO.ID- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut mewarning peserta pemilu yakni partai politik, calon legislatif serta tim sukses untuk tidak melakukan aktivitas kampanye di masa tenang.

Apa lagi mempengaruhi pemilih dengan memberikan imbalan-imbalan. Sebab, masa tenang adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye pemilu.

Kepala Sekretariat Bawaslu Sulut, Aldrin Christian mengungkapkan, ada terdapat sanksi yang diatur dalam undang-undang bagi pelanggar ketentuan terkait masa tenang pemilu.

Menurutnya, setiap orang yang dengan sengaja melakukan kampanye pemilu di luar jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi, Kabupaten/Kota untuk setiap peserta pemilu, dipidana dengan kurungan paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp 12.000.000.

"Selanjutnya, setiap orang yang mengumumkan hasil survei atau jajak pendapat tentang pemilu dalam masa tenang, dipidana dengan kurungan paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp 12.000.000," tegas Aldrin.

Lanjutnya, Setiap pelaksana, peserta, dan atau tim kampanye pemilu yang dengan sengaja pada masa tenang menjanjikan atau memberikan imbalan uang atau materi lainnya kepada pemilih secara langsung ataupun tidak langsung, dipidana dengan penjara paling lama 4 tahun dan denda paling banyak Rp 48.000.000.

Aldrin juga berharap peran aktif dalam pengawasan partisipatif masyarakat, cermati aturan dan laporkan kepada jajaran pengawas pemilu terdekat.

"Apabila menemukan aktivitas yang melanggar pada tahapan masa tenang sebagaimana aturan yang berlaku, maka silahkan dilaporkan ke pengawas pemilu," kunci Aldrin.

Diketahui, peserta pemilu dilarang melakukan kegiatan kampanye dengan sejumlah metode yang ada. Seperti pertemuan terbatas, tatap muka, penyebaran bahan kampanye, pemasangan APK, penggunaan media sosial untuk kampanye, iklan di media, debat, survey, serta kegiatan lain yang memiliki unsur kampanye. (ferry)

Tags

    Tidak ada tag untuk berita ini

0 Komentar

Add Comment