Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Jalan Kaki Tiap Hari?, Berikut Waktu yang Tepat Melakukannya

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Jalan Kaki Tiap Hari?, Berikut Waktu yang Tepat Melakukannya

Dengan berjalan kaki, pikiran kita bisa lebih rileks dan fokus juga mengurangi stres.(foto: ilustrasi)


KORANMANADO.CO.ID- Anda tidak perlu ambisius untuk memulai berolahraga. Cukup gerakan simpel yakni dengan jalan kaki. 

Dikutip dari BestLife, Minggu (31/12/2023), pakar mengungkap, dengan berjalan kaki selama 30 menit per hari bisa membawa perubahan besar pada kesehatan fisik dan mental seseorang. 

Menurut Mayo Clinic, dengan konsisten berjalan kaki setiap hari, bisa meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat tulang dan otot, mengurangi stres, meningkatkan sistem imun, menghindari berbagai jenis kanker.

Lalu kapan waktu yang tepat berjalan kaki? Berikut penuturan ahli. 

Jalan Kaki di Pagi Hari

Adrian Todd, ahli kebugaran mengatakan bahwa jalan kaki pagi hari sangat berguna untuk memberikan perasaan produktif dalam memulikan hari. Selain itu, dengan berjalan kaki di pagi hari, Anda dalam melakukan aktivitas tetap fokus. 

Selain itu, paparan sinar matahari pagi dapat membuat tubuh bisa segar hingga malam. Pola tidur jadi teratur, karena malam hari akan terasa ngantuk.

"Jalan kaki pertengahan lagi sangat baik untuk memberikan waktu bagi tubuh berhenti sejenak dan rutinitas pekerjaan. Aktivitas ini akan memberikan kesegaran, ketimbang bergantung pada kopi,"kata personal trainer bersertifikat, Andrew White. 

Setelah Makan Siang

Menurut studi, jalan kaki setelah beberapa saat makan siang akan meregulasi kadar gula dalam tubuh. Dengan begitu, hal ini bisa menghindari Anda dari penyakit diabetes dan penumpukan lemak pada tubuh.

Studi juga mengatakan, orang yang kerap jalan kaki setelah makan siang akan lebih tenang, siaga, bahagia dan tidak muda stres.

Jalan Kaki Sore Hari

Jika sulit bangun pagi, Anda juga bisa melakukan olahraga di sore hari dengan berjalan kaki. Sore hari memang waktu terbaik untuk menggerakkan tubuh.

Jalan kaki sore hari bisa menjadi transisi waktu bekerja ke istirahat. Untuk itu, dengan berjalan kaki dapat membuat badan menjadi lebih segar. Badan dan pikiran jadi lebih rileks.

Jalan Kaki Malam Hari

Jalan kaki di malam hari juga cukup baik bagi kesehatan tubuh. Dengan membuat tubuh jadi lelah, Anda bisa tidur lebih nyenyak. Ahli mengatakan, waktu yang tepat jalan kaki di malam hari adalah satu jam sebelum tidur.(**)

5 Komentar

  • Herbert Hernandez - Music Manila, Philippines 63 2 636 4604 herbert hernandes

  • news for you new readers

  • transport moloz brasov

  • news 2023

  • createie site web

Add Comment