Pesta Pelindung Paroki Pineleng Sukses, Uskup Rolly Untu Berkali-kali Sebut Nama Moureen Pongantung Didepan Gubernur Olly

Pesta Pelindung Paroki Pineleng Sukses, Uskup Rolly Untu Berkali-kali Sebut Nama Moureen Pongantung Didepan Gubernur Olly

Uskup Manado Mgr Rolly Untu MSC bersama Ketua Panitia Pesta Pelindung Paroki Pineleng 2023 Moureen Pongantung.(foto dok)


KORANMANADO.CO.ID- Rangkaian kegiatan pesta pelindung Umat Katolik Paroki Santo Fransiskus Xaverius Pineleng tahun 2023 berakhir sukses.

Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Cabang Paroki Pineleng yang dipercayakan menjadi panitia pelaksana berhasil menuntaskan tugas dari Pastor Paroki Yohanis Salaki MSC dan Dewan Pastoral.


Dipilih jadi Ketua Panitia, Moureen Maria Pogantung, SE.MSi telah melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan kurang lebih tiga bulan. Kerja keras dan totalitas itu mendapat apresiasi dari Uskup Keuskupan Manado MGR Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC.

Bahkan, apresiasi itu disampaikan Uskup Rolly didepan Gubernur Olly Dondokambey yang hadir dalam acara puncak perayaan pesta pelindung pada, Minggu (3/12/2023) siang.

"Jadi pak Gubernur, panitia pesta pelindung di Paroki Pineleng tahun ini dari WKRI. Ketuanya itu, Ibu Moureen Pogantung. Ia anggota DPRD Minahasa,"ujar Uskup Rolly dalam sambutan.


Uskup Manado kemudian mengatakan bahwa dalam menyambut pesta pelindung tahun ini, berbagai kegiatan telah dilaksanakan. Bahkan, kata Uskup ketua panitia dan rekan-rekan harus mencari dana agar kegiatan tersebut boleh berjalan dengan baik.

"Tadi juga pak Gubernur, Ketua Panitia sudah sampaikan laporan kegiatan. Rangkaian kegiatan itu ada lomba-lomba, ada olahraga, kesenian dan liturgi. Selain itu, mereka juga cari dana. Nah, ada bantuan dari donatur, ada dari hasil jual makanan. Ada juga bantuan dari Pemerintah Kabupaten Minahasa. Berkat ibu Moureen. Ini luar biasa. Punya semangat bersama juga teman-teman panitia,"ujar Bapak Uskup.

Uskup yang berkali-kali menyebut nama ketua panitia membuat Gubernur Olly melirik ke arah Moureen yang kebetulan duduk disamping kanan Gubernur. Gestur orang nomor satu di Sulut itu nampak senang. Hal itu ia ungkapkan saat menyampaikan sambutan.


"Panitia, dana masih kurang?,"tanya Gubernur sambil menatap Ketua Panitia Moureen Pongantung.

Anggota DPRD Minahasa itu nampak malu-malu. Wajah cantiknya tak bisa menyembunyikan rasa gugup. Namun dari senyumnya yang ramah, Gubernur Olly sudah bisa membaca situasi.

"Saya kasih 25 juta rupiah buat panitia. Nanti ketemu sama Lexi (staf ahli gubernur), mana Lexi (Mantiri). Itu sana, ya?,"ucap Guberbur seraya menambahkan awal 2024 Paroki Pineleng juga akan diberikan bantuan dana pembangunan sebesar Rp.200 juta.

Sebelumnya, Moureen dalam laporan panitia menyampaikan rangkaian kegiatan dari September sampai Desember. Dalam jangka waktu tiga bulan itu, pantia menggelar aneka lomba olahraga, kesenian dan liturgi.

Kegiatan itu diikuti seluruh Wilayah Rohani di Paroki Pineleng. Terpisah, Moureen menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan tersebut.

Ia menyampaikan selamat kepada seluruh Umat Katolik Paroki Pineleng yang merayakan pesta pelindung dan penerimaan Sakramen Krisma. 

"Terima kasih bapak Uskup Rolly Untu, bapak Pastor Paroki Yohanis Salaki, kepada pemerintah, bapak gubernur Olly Dondokambey, Bupati bapak Jemmy Kumendong, bapak Roy Roring mantan Bupati Minahasa, terima kasih dewan pastoral paroki, ketua-ketua wilayah rohani dan paling saya banggakan seluruh panitia, semua luar biasa hebat. Berkat kerja keras kita semua, akhirnya kegiatan ini selesai dengan penuh suka cita. Proficiat seluruh umat Paroki Pineleng dalam perayaan pesta pelindung Santo Fransiskus Xaverius dan penerimaan Sakramen Krisma,"ucapnya.

Rangkain pesta pelindung ini ditutup dengan santap kasih bersama dan beberapa atraksi-atraksi dari SEKAMI, Siswa SD Katolik Pineleng dan penyerahan hadiah pemenang lomba. Diketahui, Wilayah Rohani Santo Ignasius juara umum, disusul Wilayah Rohani Santo Paulus dan Wilayah Rohani Santo Yakobus.(onal/**)

0 Komentar

Add Comment