Wagub Steven Kandouw Bekali Ribuan Siswa di Kegiatan Pancasila Goes to Highschool 2023

Wagub Steven Kandouw Bekali Ribuan Siswa di Kegiatan Pancasila Goes to Highschool 2023

Wagub Steven Kandouw saat berbicara pada kegiatan Pancasila Goes to Highschool Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2023 di SMA Negeri 9 Manado.(foto istimewa)


KORANMANADO.CO.ID- Wakil Gubernur (Wagub) Drs Steven Kandouw hadir dan membuka kegiatan Pancasila Goes to Highschool Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2023, di SMA Negeri 9 Manado, Jumat (05/05/2023).

Dihadapan ribuan siswa, Wagub Kandouw bercerita tentang sejarah salah satu negara adidaya yang hancur karena tidak memiliki dasar negara dan idilogi yang mengikat. 


"Uni Soviet itu 69 tahun bersama menjadi satu negara. Kemudian bubar pada tahun 1991 menjadi 15 negara. Begitu Yugoslavia juga bubar. Ini negara kontinental. Apalagi Indonesia negara kepulauan. Adik-adik siswa, Negara bersatu menjadi kuat bukan hanya rasa kebersamaan, tetapi karena ada dasar negara dan ideologi yang mengikat. Ideologi Indonesia yaitu Pancasila,"jelasnya.

Wagub Kandouw menegaskan bahwa Pancasila begitu sangat penting menjadi pemersatu. Tidak ada jalan lain, siswa harus menjadikan Pancasila grada terdepan pemersatu bangsa.


"Sudah banyak contoh negara hancur karena tidak memiliki pemersatu. Indonesia penduduknya ada 260 juta, Sulut hanya enam juta. Sulut harus menjadi grada terdepan menjaga Pancasila. Adik-adik siswa juga harus berkarakter,"ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri semua siswa kelas 10-12 dan para guru. Jumlah siswa di SMA Negeri 9 Manado ada dua ribuan. 

"Kegiatan ini sangat bagus untuk membangun karakter siswa. Tidak hanya memiliki prestasi tetapi memiliki karakter yang baik yaitu Pancasila,"kata Kepala SMA Negeri 9 Manado Drs Meidy R Tungkagi.(onal)

0 Komentar

Add Comment