Sejarah Cabor e-Sports Pertama Kali Dipertandingkan di Porprov Sulut XI

Sejarah Cabor e-Sports Pertama Kali Dipertandingkan di Porprov Sulut XI


Bolmong, KORANMANADO.CO.ID- Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) XI Sulawesi Utara 2022 di Kabupaten Bolaang Mongondow, telah mulai mempertandingkan nomor pertandingan dari masing-masing cabang olahraga pada Selasa (15/11) setelah sehari sebelumnya kegiatan multi event ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Salah satu cabor yang mulai mempertandingkan nomor-nomor pertandingan nya adalah olahraga elektronik (eSports). Cabor eSports mencatatkan sejarah dimana untuk pertama kalinya dipertandingkan di Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Utara.

Cabor yang dibawah naungan induk organisasi ESI Sulut ini mempertandingkan 5 nomor pertandingan yaitu Free Fire, PUBG Mobile, eFootball, Mobile Legends dan satu game karya anak bangsa yaitu Lokapala.
Ruang rapat paripurna Kantor DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow menjadi venue pertandingan cabor yang diikuti oleh total 9 Kota/Kabupaten se-Sulawesi Utara dan diikuti oleh total 191 atlet.

Pada pelaksanaan hari pertama ini juga hadir Ketua Harian ESI Sulawesi Utara, Rio Dondokambey yang meninjau langsung pelaksanaan cabor eSports Porprov Sulawesi Utara XI didampingi oleh Technical Delegate cabor eSports, Vian Rondonuwu.

"Ini adalah sejarah untuk pertama kalinya eSports dipertandingkan sebagai cabang olahraga resmi Porprov Sulawesi Utara. Kami dari ESI Sulut berterima kasih kepada KONI Sulut yang telah menerima kami. Selamat bertanding juga untuk para atlet, tunjukkan kemampuan terbaik kalian namun tetap menjaga jiwa sportivitas dalam olahraga," ujar Rio Dondokambey.

Pada hari pertama ini tim Kota Manado mendominasi di nomor pertandingan Free Fire. Sementara tim dari Kabupaten Minahasa menguasai nomor PUBG Mobile pada tabel klasemen.
Sementara itu atlet dari Manado, Minahasa Utara, Kotamobagu dan tuan rumah Bolaang Mongondow melaju ke babak semifinal nomor eFootball.
Untuk nomor Mobile Legends, tim dari Kota Tomohon, Minahasa, Kotamobagu dan Manado melaju ke babak semifinal.

Di nomor Lokapala hingga berita ini diturunkan tim dari Kota Tomohon dan Manado telah memastikan tiket ke babak semifinal. Hari kedua cabor eSports Porprov akan dipertandingkan pada Rabu (16/11) yang juga merupakan Final Day dan akan ditutup dengan pengalungan medali. (ferry)

Tags

    Tidak ada tag untuk berita ini

0 Komentar

Add Comment