Festival Bunaken 2022 Dimulai, Pariwisata di Sulut Bangkit Lagi

Festival Bunaken 2022 Dimulai, Pariwisata di Sulut Bangkit Lagi

Suasana pelaksanaan pembukaan Festival Bunaken 2022 di Malalayang Beach Walk.(foto istimewa)


KORANMANADO.CO.ID- Festival Bunaken Tahun 2022 resmi dibuka, Rabu (2/11/2022). Malalayang Beach Walk (MBW) Manado dipilih sebagai lokasi kegiatan. Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Drs Steven O.E Kandouw mengatakan, MBW sebagai “New Icon” di Kota Manado menjadi alasan perlaksanaan Festival Bunaken 2022.

“Sebelumnya tempat ini kumuh tapi karena ide Bapak Gubernur, usulan ke Pak Presiden, waktu itu Pak Presiden berkunjung ke Bunaken. Maka rasa-rasanya seperti disulap, tempat ini menjadi bagus sekali,” ucap Wagub Steven saat membuka kegiatan.

Wagub Sulut Drs Steven Kandouw membuka Festival Bunaken.(foto istimewa)

Wagub Steven juga memberikan apresiasi kepada Kementerian Pariwisata dan Parekraf karena tahun ini menetapkan lima iven di Provinsi Sulut sebagai iven nasional, yaitu: Festival Selat Lembeh, Festival Flower di Tomohon, Festival Bunaken, Under Water Photografer dan Festival Danau Tondano. 
“Salah satu kebanggaan kita di Sulawesi Utara karena salah satu desa kami ditetapkan sebagai desa pariwisata terbaik nasional desa budo di kabupaten minut,” ujarnya. 

“Semua ini merupakan kerja-kerja bersama kita semua karena kita tahu persis bahwa industri pariwisata sebelum pandemi di Sulut adalah idola, waktu itu kita ada penerbangan dari 8 kota di China. Puji Tuhan kita ditetapkan oleh pemerintah pusat, selain Jakarta kita adalah pintu gerbang, selama pandemi airport kita dan Jakarta adalah salah satu pintu masuk,” sambungnya. 

Pembukaan Featival Bunaken 2022.(foto istimewa)

Lebih lanjut Wagub Steven menyampaikan tekad Gubernur Olly Dondokambey untuk mengembalikan pariwisata sebagai idola di Sulut.
“Tekad Bapak Gubernur dengan seiring dan semangat nasional kita kembalikan pariwisata sebagai Idola PDRB kita nanti. Puji Tuhan menurut laporan nanti bulan Desember ada lobby Pak Gubernur penerbangan dari Korea segera akan masuk, dan sebagai laporan mulai bulan ini sampai bulan Desember dari Taiwan ada carter 15 penerbangan dan ini sudah menyatakan existensi Sulut sebagai pintu gerbang daerah pariwisata,”tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, FORKOPIMDA Provinsi Sulut, Sekdaprov Praseno Hadi, Ketua TP-PKK Provinsi Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Sekretaris TP-PKK Provinsi Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos, Walikota Manado, Ketua FKUB Provinsi Sulut dan Pejabat Tinggi Pratama Pemprov Sulut.(onal/*)

0 Komentar

Add Comment