Desa Budo Minut Raih Juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Desa Budo Minut Raih Juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda hadir dan menerima penghargaan ADWI 2022.(foto istimewa)


Jakarta, KORANMANADO.CO.ID- Prestasi demi prestasi terus diukir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) dibawa kepemimpinan Bupati Joune Ganda. Terbaru, Pemkab Minut melalui Desa Budo Kecamatan Wori berhasil meraih juara 1 kategori Digital dan Kreatif Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Minggu (30/10/2022) malam di Jakarta.

Pemberian penghargaan kepada sejumlah desa wisata terbaik ini oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bupati Minahasa Utara Joune Ganda tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Kemenpraf atas penghargaan tersebut. "Terima kasih kepada pihak Kemenpraf atas penghargaan ini," ujar Joune Ganda. 


Bupati mengatakan, penghargaan ini merupakan keberhasilan Pemkab Minut dalam menggenjot sektor pariwisata, sehingga bisa dikenal di tingkat nasional maupun internasional. Atas keberhasilan ini, Joune Ganda mengucapkan banyak selamat kepada Pemerintah Provinsi Sulut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw, serta semua elemen masyarakat Desa Budo.
"Ini keberhasilan semua masyarakat Minut. Desa Budo satu-satunya perwakilan Sulawesi Utara yang masuk dalam daftar tersebut," ujar Joune Ganda.

Diketahui, malam puncak ADWI 2022 ini merupakan penganugerahan kepada desa wisata-desa wisata terpilih sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan mereka dalam mengembangkan Desa Wisata berkelanjutan, berdaya saing global, dan berkelas dunia. Kegiatan Visitasi dan penilaian 50 Besar Desa Wisata 2022 telah selesai 15 Oktober 2022 lalu. Visitasi berakhir di Desa Wisata Saba Budaya Baduy Kabupaten Lebak Banten merupakan desa ke-50 dan menjadi penutup rangkaian visitasi ADWI 2022. 

Kegiatan berlanjut dengan proses penjurian akhir oleh para Dewan Juri Profesional ADWI 2022 pada pekan ketiga Oktober 2022. Ada 7 kategori penilaian, yakni 
daya tarik, homestay, toilet, suvenir, CHSE, digital dan konten kreatif serta kelembagaan. Selain itu, akan ada pemenang 3 klasifikasi desa wisata yaitu rintisan, berkembang dan maju. (ferry)

2 Komentar

  • Keren, semakin menambah deretan prestasi Indonesia Kunjungi juga website kami di walisongo.ac.id

  • Keren, semakin menambah deretan prestasi Indonesia Kunjungi juga website kami di https://walisongo.ac.id

Add Comment