Terima 21 Laporan Dugaan Korupsi, KPK Bekali LSM Cara Investigasi Kasus di Provinsi Sulut

Terima 21 Laporan Dugaan Korupsi, KPK Bekali LSM Cara Investigasi Kasus di Provinsi Sulut


KORANMANADO.CO.ID- Sepanjang bulan Januari hingga Agustus tahun 2022 ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima laporan 21 kasus dugaan tindak pidana korupsi di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Hal itu disampaikan Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardhiana kepada wartawan di sela-selai kegiatan Bimtek Kelas Pemuda dan LSM Antikorupsi di wilayah Provinsi Sulut di Manado, Rabu (21/09/2022).

Kegiatan tersebut hadiri Kepala Inspektorat Provinsi Sulut, Meky Onibala, Kepala Badan Kesbangpol Sulut, Fery Sangian beserta para perwakilan LSM serta organisasi masyarakat.
Wawan juga menyampaikan, sejauh ini laporan yang masuk ke KPK kebanyakan dari LSM yang mengawasi kinerja pemerintah. Meski begitu, ia mengakui laporan yang masuk sering tidak disertai dengan data yang lengkap. Hal itu menyulitkan KPK melalukan ditindaklanjut kasus yang dilaporkan.
"Kadang-kadang lapor tidak menyertakan identitas. Ya, percuma. Karena kalau lapor ke KPK akan diverifikasi. Di telpon balik tidak diangkat, ya selesai. Atau kita email balik gak di balas, ya lewat,"ucapnya.

Ia menjelaskan, dalam pemeriksaan kasus tidak pidana korupsi, KPK memiliki keterbatasan kewenangan. Menurutnya, ada beberapa kasus korupsi yang menjadi kewenangan Kejaksaan maupun Kepolisian setelah melewati verifikasi. 
"Nanti kita juga akan melihat laporan itu, apakah berkaitan dengan tindak pidana korupsi atau tidak. Kadang di KPK itu setahun empat ribu sampai enam ribu laporan. Tapi yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi itu hanya 20 persen. Dari 20 persen ini, apakah kewenangan KPK atau bukan? KPK juga kewenangannya terbatas. Kalau bukan kewenangan KPK tapi setelah diverifikasi jelas itu tindak pidana korupsi, maka itu diserahkan ke Kejaksaan atau Kepolisian. Tapi kalau kewenangan KPK, akan diteruskan,"ujarnya.

Kata Wawan, dalam menyampaikan laporan ke KPK baik LSM atau masyarakat pada umumnya, KPK memberi ruang lewat media. Hanya saja kata dia, dalam menyampaikan laporan harus didukung dengan bukti awal.
"KPK memiliki media, kalau di telpon itu di 198. Call centernya 198. Atau kalau pakai email, bisa email. Atau masuk ke sistem. KPK punya sistem namanya KWS "KPK Whistleblower's System". Langsung masuk ke http://kws.kpk.go.id. Jadi laporan itu harus ada bukti awal. Bagaimana dapat bukti awal? Ya harus investigasi. Gimana cara investigasi, nanti kita ajarkan disini (Bimtek). Jadi jangan asal juga melaporkan. Harus ada bukti awal seperti dokumen, foto atau bentuk dokumen lain, baik elektronik itu bisa juga,"jelas Wawan.

Disisi lain, Wawan menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati kepada oknum-oknum LSM yang mengatasnamakan KPK. Jauh ini kata dia dalam menjalankan tugas, KPK selalu menyertakan surat tugas.
"KPK kemanapun juga pasti ada surat tugas. Surat tugasnya sudah elektronik, artinya ada barcode dan lain-lain. Bisa juga langsung di cek apa ini asli atau tidak. Dan KPK tidak mungkin meminta sepeser pun. Tapi kalau ada yang sudah mengarah, sudah pasti bukan KPK. Kalaupun ada oknum KPK seperti itu, laporkan. Sekarang kita sudah ada Dewan Pengawas. Silahkan laporkan,"tandasnya.

Kepala Badan Inspektorat Provinsi, Meky Onibala mengungkapkan bahwa Pemprov Sulut selama dibawahi Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw bertekad untuk lakukan pencegahan di lingkup ASN Pemprov Sulut.

"Kalau ada dugaan korupsi langsung di nonjob kan. Ini pun selalu diingatkan juga dalam setiap pelaksanaan apel oleh pak Sekprov. Jadi intinya kami Inspektorat selalu lakukan pencegahan. Jadi kita perketat dalam tindakan pencegahan untuk ASN dan betul-betul kita laksanakan, kalau ada promosi jabatan kami dari inspektorat akan mengkroscek kalau ada masalah TGR, tidak bisa promosi," jelas Onibala.(onal/*)

5 Komentar

  • [url=https://semaglutide.quest/]semaglutide wegovy[/url]

  • I used to be able to find good information from your content. https://premiumy-dlplomsy24.com/ http://xploredomains.com/2023-03-23?page=57 http://rak.flyboard.ru/topic13321.html?&p=137137 http://h-g.sale/company/personal/user/4605/forum/596/ http://www.tvoidom.galaxyhost.org/forums.php?m=posts&id=39364 http://www.pets-ural.ru/content/forum/viewtopic.php?t=3504&view=next&lofi=1&lofi=0

  • Pretty! This has been an incredibly wonderful article. Thanks for providing this information. bitcoin casino stake

Add Comment